Tuesday, 24 October 2017

Science with Kids - HUJAN -

Week 3 : Kreasi Warna
Date      : 23/10/17
Theme  : #Sciencewithkids



HOW CLOUDS MAKE RAIN
Tik Tik Tik Bunyi Hujan Di Atas Genting
Alhamdulillah patut disyukuri nikmat Allah yang satu ini. Tepat sekali momen nya dengan cuaca di Batam yang setiap harinya hujan, mama mengajak Faris membuat simulasi hujan.

Alat dan Bahan:
Wadah bening
Air
Pewarna makanan
Sabun Mandi Faris

Proses:
Siapkan wadah, tuang air ke dalamnya kira-kira 1/2 sampai 3/4 tinggi wadah. Kocok2 sabun yang sudah dicampur air sedikit, lalu semprotkan di atas permukaan air. Lalu teteskan pewarna makanan di atas foam. Amati apa yang terjadi
Foam atau busa sabun itu diibaratkan sebagai awan. Awan yang tertiup angin, perlahan-lahan terkumpul menyatu. Semakin lama semakin berat gumpalan awan. Lalu turunlah tetesan air yang disebut hujan (tetesan air hujan disimulasikan dengan tetesan pewarna makanan). Berulang kali membacakan buku mengenai petualangan air, termasuk terjadinya hujan itu prosesnya seperti apa. Dan baru kali ini kesampaian eksekusi simulasi sederhana bagaimana awan meneteskan hujan.
.
.
Apapun yang Faris ingin ketahui mengenai air, ya terjawab di buku ini. Tentang energi tenaga air, siklus air juga dinelaskan di dalam buku ini.
Buku yang dibaca berulang kali, tiada bosan nya ini. Sampai-sampai sudah lama minta dibikinkan simulasi hujan, tapi baru kesampaian kemarin (24/10/17) .
.
.
.

No comments:

Post a Comment