Belajar Warna Merah

November 06, 2017




Hari ini saya ingin mengenalkan warna merah kepada Irbad. Kegiatan pengenalan warna secara konkret ini mengacu pada metode montessori. Karena Irbad masih pada fase oral maka saya memilih mainan di rumah yang ukurannya lumayan besar sehingga aman dan yang pasti tetap dengan pengawasan ketat.
Kegiatan ini oleh dibuat tema, jadi per hari 1 warna, atau per minggu 1 warna. Nanti di rotasi di ulang lagi, pokoknya sesuka hati aja. Jadi kita kumpulkan semua benda-benda sewarna di suatu wadah , ajak anak melihat dengan pendekatan Montessori saya mengucapkan "Ini warna merah" kemudian saya memberikan kesempatan anak untuk memegang secara langsung benda yang di maksud. Setelah itu saya bisa menanyakan "Mana yang berwarna merah?"
Mengacu pada three period session, untuk anak yang lebih besar bisa dilakukan tahap ketiga "Tolong ambilkan buku yang berwarna merah. " Udah itu aja sekilas cuma beberapa menit juga tidak masalah. Besok diulang lagi, insyaAllah sudah terekam di dalam memorinya. Untuk Irbad yang fokus, belajar sambil dijelaskan sebentar saja sudah nangkap.
Selanjutnya untuk Faris yang sudah berusia 3 tahun ke atas dan sudah memahami warna-warna bisa dikenalkan shades lainnya, hijau, hijau muda, hijau tua, hijau paling tua, hijau paling muda dll. Kegiatan ini terinspirasi dari color tablet ala montessori, untuk pengenalan tingkatan alias gradasi warna dari warna tua ke yang lebih muda. Sebenarnya Faris request main gradasinya pakai air tapi apalah daya adeknya sedang merusuh jadi terpaksa dipending dulu saja. Tetap semangat belajar ya anak-anak 

You Might Also Like

0 komentar