Wednesday, 1 November 2017

Ayo Bikin Sendiri Sabun Pembersihmu

Butuh pembersih serbaguna untuk keperluan rumah tangga yang bebas dari bahan kimia dan terjangkau? Berawal dari keinginan untuk membuat detergent dan pembersih rumah yang aman dan alami dan juga hemat dikantong, maka saya mencoba untuk membuat cairan pembersih alami yang hanya membutuhkan dua bahan utama, yaitu kulit jeruk dan cuka.
Bukan cuma efektif dalam menghilangkan noda dan kotoran yang ada di dalam rumah, cairan pembersih ini juga akan memberikan wangi segar yang tidak bisa kamu temukan di pembersih lain pada umumnya. Tanpa zat-zat kimia berbahaya lainnya, cairan ini pastinya alami dan mudah dibuat karena bahannya bisa ditemukan di dapurmu sendiri. Kata siapa lemon dan jeruk cuma bisa diolah menjadi jus dan resep makanan atau minuman lain.
Penasaran dengan cairan pembersih alami yang dimaksud? Ikuti saja langkah-langkah berikut ini untuk mendapatkan cairan pembersih kulit jeruk yang mujarab tersebut:

Bahan-bahan
700 gr kulit lemon dan jeruk
500 ml cuka putih
Wadah berukuran 1 liter (saya pakai botol air mineral)

Cara Membuat
Masukkan kulit lemon dan jeruk dalam wadah botol yang sudah disediakan. Pisahkan dulu daging dan kulitnya dengan pisau yang tajam supaya tidak ada bagian daging buah yang ikut masuk. Campur kulit lemon dan jeruk dengan cuka putih lalu tutup rapat wadah tersebut. Letakkan di tempat yang sejuk dan gelap paling cepat selama dua minggu. Saring larutan pembersih yang telah dibuat ke dalam botol baru. Pendam kulit lemon dan jeruknya ke dalam tanah (bisa untuk kompos). Cairan pembersih dari kulit jeruk pun siap kamu gunakan.

Karena enzim ini terbuat dari bahan alami, saya merasakan enzim ini aman dikulit. Saya sudah mencoba menggunakannya untuk menguras kamar mandi dan menggosok lantai, membersihkan kaca, mencuci piring dan laundry, terutama mencuci pakaian anak-anak dan popok mereka. Enzim ini bekerja sangat baik dalam membersihkan noda makanan dan bau.
Satu kata yang bisa saya ucapkan. SAYA PUAS. Enzim ini bekerja sangat baik dalam membersihkan noda makanan dan bau. Enzim yang saya buat, terbuat dari jeruk lemon, dan memberikan wangi segar yang menyenangkan, benar-benar fresh. Sejak awal penggunaan, anak-anak saya tidak mengalami permasalahan apa-apa, bahkan bau pesing dari pee dan warna kecoklatan dari sisa pup yang sulit sekali hilang dapat terangkat dengan mudah (Irbad masih menggunakan clodi saat malam hari- dalam usia 14 bulan- belum lulus toilet training di malam hari :D). Saya melakukan pembilasan 2x, dan wangi segar si enzim ini pun juga ikut hilang setelah dijemur.
Selain itu enzim ini bisa untuk mencuci sayur dan buah secara aman. Enzim ini memberikan wangi segar yang menyenangkan, benar-benar fresh. Selamat mencoba, it worth 
Manfaatkan yang bisa dimanfaatkan, jangan segala dibuang... dan mari kita kurangi penggunaan detergen, gunakan sabun alami. Kenapa? karena deterjen ternyata turunan dari minyak bumi, busa dan air deterjen ini kalau mengalir ke sungai ya mencemari sungai.
Memang EC tidak akan se cling kalau pakai pembersih dan detergen sintetis, tapi worthed banget untuk hidup lebih ramah lingkungan. Jika tiap rumah, mau dan peduli mengolah sampah dapurnya.. insyaAllah kita bisa bebas sampah lho.
dari IG rumah organik trenggalek

No comments:

Post a Comment