Kenapa Bangga dengan sikap Apatis

Januari 03, 2013

Sedikit bingung dan ngerasa makin nggak nyambung sama sodara perempuanku ini. Kenapa bisa dia bangga dengan sikak bahkan sifatnya yang udah mendarah daging itu. Entah sejak kapan setan meracuni hatinya, sampai-sampai di usia yang udah bisa dibilang hampir 17 taon ini dia punya penyakit hati dan hampir mati mungkin hatinya. Kenapa aku bisa bilang begini? Dijamin deh siapa aja yang satu rumah sama dia nggak akan ngerasa betah (kecuali sesama manusia yang juga udah mati hatinya). Makin kesini bukannya makin introspeksi diri tapi makin takabur,,istigfar nak istigfar, apa sih yang mau kamu banggain? Allah memang belum murka, tapi masa iya harus nunggu Allah ngasih adzab, nhasih cobaan baru kitanya sadar? Kalau bisa kan nggak. Aku sebagai kakaknya prihatin banget lihat kelakuannya yang makin hari makin jauh sama Allah, makin nggak respek sama orang tua apalagi sama orang lain. Pertanda apa coba semua ini? Aku udah nyoba ngasih nasehat, tapi semua itu lewat begitu aja. Orang dia emang udah nggak respek sama orang lain, apalagi dengerin omonganku yang mungkin udah dia anggap pepesan kosong, akhirnya yaudah nguap gitu aja, nggak ada yang ngena di hati. Dan semua itu bikin aku ngerasa kok kayanya apa yang aku lakuin ini useless banget ya, semacam wasting time banget gitu. Suamiku bilang sih ni anak brutal malah sejak dia sekolah di MTs alias madrasah tsanawiyah, yang seharusnya bisa membentuk pribadi yang lebih baik malah nyetak alumni yang munafik. Sebenernya aku udah nggak mau komen sama kelakuan dia ini, tapi aku prihatin banget sama dia, karena aku care dan pengen dia berubah lebih baik. Mungkin memang kesalahan di awal, dia sekolah di MTs karena niat pegen mutihin kulit. Yes!! Kesalahan mendasar yang baru terungkap setelah dia lulus, pengakuannya pada saat ditanya sama suamiku, ya dengan terkekeh suamiku berkelakar " trus mana hasil kulit putihnya? Perasaan masih putihan aku ya, cakepan juga nggak?" Kalau udah kaya gini mah jadi panjang urusannya, udah salah dari awal sih niatnya begitu. Kasian banget ya mamaku yang selama ini udah bangga2in dia kmana mana, yang katanya pinterlah, berprestasi, selama sekolah di MTs nggak pernah kena rolling ke kelas lain dan selalu berada di kelas favorit. How sad :-[ padahal kenyataannya, udah berapa kali dia nyakitin perasaan orang tua dengan kata-kata kasarnya, seberapa lama dia mau denger cerita mama kalau mama butuh tempat cerita, berapa kali dia nolak kalo dimintain bantuan orang tua, dan banyak hal-hal buruk yang dia lakuin dirumah tapi berbanding terbalik dengan apa adanya dia di luar, sungguh pencitraannya juara banget. Kalau di rumah nggak manner banget, tapi kalau udah jalan sama temen dia berubah jadi seolah olah pribadi yang baik dan menyenangkan. Kapan kamu bisa kaya gitu kalau di rumah? Kasian banget deh ngeliatnya..

Banyak hal yang sebenernya aku ngerasa nggak suka banget sama dia, yang paling utama sih masalah orajg tua. Dia bener-bener anak kurang ajar banget menurutku, bisa-bisanya dia nyuruh orang tua ini itu, emang orang tua pembantu apa. Bukan kok dibantuin, diringanin bebannya malah dia yang mrintah sana sini. Bahkan yang paling tragis pernah kejadian di depan mataku, dia nyuruh mamaku beli batrei jam di toko depan rumah, tinggal ngelangkah aja dia nyuruh orang tua. Alesannya pun nggak banget, masa iya cuma karna males ganti baju x) haloo?? Capek banget deh dengernya, bukannya kamu emang sering ga pake jilbab n foto2 tanpa jilbabmu udah berkeliaran dimana mana. Yang kamu share di sosmed, bbm dan banyak media. Ironi sekali. Rasanya ini orang butuh di rukyah deh. Sedikit punya hati bisa nggak sih sebenernya..

Semalem aku liat di personal statusnya di bbm, dia share tentang blog barunya..dan yang bikin aku spikless kok ada sih orang yang bangga sama sifat n sikap apatisnya. Bangga gitu sama sifat nggak pedulinya, apa kamu nggak pernah mikirin perasaan orang sih? Apa kamu nggak pernah belajar berempati sama orang lain, nggak pernah mencoba berpikir kalo ada di posisi sebagai orang yang dicuekin padahal kamu lagi butuh banget bantuan. Kok sampe sebegitu apatisnya terus jadi nggak peduli sama siapa aja. Bahkan orang tua. Coba dibalik kalo orang tua cuek sama kebutuhanmu, trus kamu mau minta sama sapa. Hidup kamu masih tergantung sama orang tua nak, jangan sombong takabur dan penyakit hati lainnya. Berubahlah sedikit..

You Might Also Like

1 komentar