Percobaan Sains : Mengubah Air Teh Menjadi Putih

Mei 02, 2018



Dengan sains, anak-anak dapat bermain sulap di rumah. Belajar sains bersama dengan anak lumayan tricky, yang penting adalah bagaimana cara kita mengemas sains agar menarik. Berikut adalah salah satu resep sulap yang cukup sederhana dan dapat dicoba di rumah.
Catatan: Jangan meminum cairan ini! Cairan ini bukan untuk diminum! Percobaan ini disarankan untuk anak 3+ atau yang sudah melewati masa oral.

Alat dan Bahan:

1. Gelas plastik

2. Sendok/sedotan/sumpit untuk mengaduk.

3. Air

4. Corong untuk menuang air

5. Betadine

6. Vitacimin atau buah jeruk/lemon



Percobaan Mengubah “air teh” menjadi “air putih”.

“Air teh” sebenarnya bukan air teh asli, tetapi air yang dicampur betadine. Untuk membuatnya, cukup campur segelas air biasa dengan beberapa tetes betadine. Setelah itu, masukkan sedikit saja betadine, lalu aduk. Warna kecoklatan air betadine menyerupai air teh. Setelah tercampur rata, masukkan vitamin C atau vitacimin maka sedikit demi sedikit warna coklat pada air akan akan memudar!


Alat dan Bahan untuk Percobaan
Ternyata yang dapat membuat larutannya jernih kembali adalah vitamin C. 

Kenapa ya bisa begitu?
Ternyata dalam vitamin C terdapat senyawa yang disebut asam askorbat. Asam ini dapat dioksidasi oleh iodine. Dan mengakibatkan iodine berubah menjadi iodium. Sehingga ketika vitamin C ditambahkan seluruh iodine (berwarna coklat) akan berubah menjadi iodium (yang tak berwarna).
Percobaan ini juga bisa divariasikan menggnakan tepung beras dan soda api atau pemutih pakaian.
Selamat mencoba di rumah ya teman :)Tunggu sulap berikutnya!

You Might Also Like

0 komentar